EMPATI
SEPATAH KATA TENTANG EMPATI
Saat kita menunjukkan pengertian terhadap, dan penghargaan terhadap, situasi orang lain atau cara pandang orang lain, inilah yang disebut empati. Empati menunjukkan bahwa kita dapat mengerti bagaimana perasaan orang lain itu, dan karena semua orang butuh untuk dimengerti, empati dapat mempengaruhi pelanggan dengan sangat positif.
Empati menyangkut menyediakan perhatian individual. Seorang pelanggan tetap sebuah perusahaan jasa akan mengharapkan perusahaan tersebut ingat siapa nama dia dan apa permintaan khusus yang ia butuhkan. Tapi waspadalah, empati tidak dapat menggantikan efisiensi.
Tujuan akhirnya adalah menyelesaikan masalah, bukan menyediakan simpati agar orang lain sekedar mencari ceria. Walaupun sopan santun dibutuhkan untuk menunjukkan sikap yang perhatian dan dapat mengurangi kebingungan maupun kemarahan pelanggan, keakraban yang berlebihan bisa menyebabkan ketidak efisienan.
Saat waktu-waktu sibuk, terutama apabila ada pelanggan lain yang sedang mengantri, atau ada janji dengan pelanggan lain yang harus segera didatangi, tujuan utama haruslah bagaimana menyelesaikan permasalahan secara cepat.
Ditulis ulang oleh : Hidayat Peje
SEPATAH KATA TENTANG EMPATI Empati menyangkut menyediakan perhatian individual. Seorang pelanggan tetap sebuah perusahaan jasa akan mengharapkan perusahaan tersebut ingat siapa nama dia dan apa permintaan khusus yang ia butuhkan. Tapi waspadalah, empati tidak dapat menggantikan efisiensi.
Tujuan akhirnya adalah menyelesaikan masalah, bukan menyediakan simpati agar orang lain sekedar mencari ceria. Walaupun sopan santun dibutuhkan untuk menunjukkan sikap yang perhatian dan dapat mengurangi kebingungan maupun kemarahan pelanggan, keakraban yang berlebihan bisa menyebabkan ketidak efisienan.
Saat waktu-waktu sibuk, terutama apabila ada pelanggan lain yang sedang mengantri, atau ada janji dengan pelanggan lain yang harus segera didatangi, tujuan utama haruslah bagaimana menyelesaikan permasalahan secara cepat.
Ditulis ulang oleh : Hidayat Peje
Saat kita menunjukkan pengertian terhadap, dan penghargaan terhadap, situasi orang lain atau cara pandang orang lain, inilah yang disebut empati. Empati menunjukkan bahwa kita dapat mengerti bagaimana perasaan orang lain itu, dan karena semua orang butuh untuk dimengerti, empati dapat mempengaruhi pelanggan dengan sangat positif.
Empati menyangkut menyediakan perhatian individual. Seorang pelanggan tetap sebuah perusahaan jasa akan mengharapkan perusahaan tersebut ingat siapa nama dia dan apa permintaan khusus yang ia butuhkan. Tapi waspadalah, empati tidak dapat menggantikan efisiensi.
Tujuan akhirnya adalah menyelesaikan masalah, bukan menyediakan simpati agar orang lain sekedar mencari ceria. Walaupun sopan santun dibutuhkan untuk menunjukkan sikap yang perhatian dan dapat mengurangi kebingungan maupun kemarahan pelanggan, keakraban yang berlebihan bisa menyebabkan ketidak efisienan.
Saat waktu-waktu sibuk, terutama apabila ada pelanggan lain yang sedang mengantri, atau ada janji dengan pelanggan lain yang harus segera didatangi, tujuan utama haruslah bagaimana menyelesaikan permasalahan secara cepat.
Ditulis ulang oleh : Hidayat Peje
Empati menyangkut menyediakan perhatian individual. Seorang pelanggan tetap sebuah perusahaan jasa akan mengharapkan perusahaan tersebut ingat siapa nama dia dan apa permintaan khusus yang ia butuhkan. Tapi waspadalah, empati tidak dapat menggantikan efisiensi.
Tujuan akhirnya adalah menyelesaikan masalah, bukan menyediakan simpati agar orang lain sekedar mencari ceria. Walaupun sopan santun dibutuhkan untuk menunjukkan sikap yang perhatian dan dapat mengurangi kebingungan maupun kemarahan pelanggan, keakraban yang berlebihan bisa menyebabkan ketidak efisienan.
Saat waktu-waktu sibuk, terutama apabila ada pelanggan lain yang sedang mengantri, atau ada janji dengan pelanggan lain yang harus segera didatangi, tujuan utama haruslah bagaimana menyelesaikan permasalahan secara cepat.
Ditulis ulang oleh : Hidayat Peje
0 komentar:
Posting Komentar